Jumat, 01 Desember 2017

Kumpulan Soal Olimpiade Matematika SMP

Hai para pejuang olimpiade, ini kumpulan soal olimpiade yang bisa kalian gunakan untuk latihan

Soal Olimpiade Tingkat Kabupaten/Kota
Tahun 2015 SOAL, Kunci Jawaban
Tahun 2016 SOAL, Kunci Jawaban
Tahun 2017 SOAL, Kunci Jawaban
Tahun 2018 SOAL, Kunci Jawaban

Soal Olimpiade Tingkat Provinsi
Tahun 2015 SOAL, Kunci Jawaban
Tahun 2016 SOAL, Kunci Jawaban
Tahun 2017 SOAL, Kunci Jawaban
Tahun 2018 SOAL, Kunci Jawaban





Jumat, 24 November 2017

Berani Mencoba Lebih Baik Daripada Tidak Sama Sekali



Ingat Thomas edison yang memaknai gagal dengan keberhasilan tertunda, orang hebat seperti beliau saja berani untuk menunda kesuksesan dengan 1000 kali untuk mencoba dan mencoba lagi sampai akhirnya suskes menciptakan sebuah lampu pijar. Lampu yang menjadi cikal bakal berbagai jenis lampu yang sekarang ini bisa menyinari gelapnya dunia. ahhh gigihnya beliau, bagaimana kita-kita ini yaaa? yang ngakunya pemuda agen of change, tapi gagal sekali sudah loyo.

Senin, 13 November 2017

Tips Sembuh dari Sakit


Pergantian musim, kait eratannya dengan berbagai macam penyakit menyerang. Mulai dari usia anak, remaja, dewasa, sampai lansia banyak yang terkena mungkin sekedar demam, batuk, flu, ataupun kepala pening. Kenapa bisa demikian? Keadaan demikian bisa terjadi karena pada saat pergantian musim terjadi perubahan suhu yang signifikan dan disertai angin kencang yang menerbangkan benang sari bakteri ataupun virus sehingga virus berada dimana-mana dan mudah ditularkan dari satu orang ke orang lain. 

Minggu, 12 November 2017

Olimpiade Matematika



Olimpiade adalah salah satu ajang kompetesi yang banyak diselenggarakan untuk menyaring bibit-bibit unggul dalam bidangnya. Tak terkecuali olimpiade matematika, olimpiade matematika ini sudah menjadi trend dari jaman dahulu, dari tingkat Kabupaten, Provinsi, Nasional, bahkan Internasional semua berbondong bondong menyelenggarakan kompetisi tersebut.

Umumnya olimpiade matematika diselenggarakan oleh banyak pihak seperti kampus, lembaga bimbingan belajar, atau instansi tertentu, tak terkecuali instansi pemerintahan lewat ajang OSN (Olimpiade Sains Nasional) yang diselenggaran oleh kementerian pendidikan Indonesia setiap tahun.

Sabtu, 11 November 2017

MKKB In Blog

Oke kali ini saya akan share tentang sebuah pertemanan yang menjadikan kita sahabat lebih lagi menjadi seperti saudara sendiri. Ini ceritanya sebelum mereka pada nikah dan mungkin intensnya kita bertemu akan berkurang. Tulisan ini saya buat dan saya persembahkan untuk mereka dan kalian pembaca budiman.  Untuk kalian MKKB semoga tulisan ini nanti bisa membahagiakan kalian saat kalian hidup jauh disana, di saat kalian kangen akan moment yang telah kita ukir bersama semoga tulisan ini dapat mengobati rindu kalian. Dan untuk kalian pembaca budiwan, pupuklah terus pertemanan kalian karena teman bahkan sahabat adalah keluarga sejenjang kita untuk mengobrol masalah kekinian yg orang tua kita mungkin tidak menjangkaunya.

Jumat, 10 November 2017

Matematika dalam Dunia Islam

Pada artikel ini yang sebelumnya sudah pernah saya bahas, dijelaskan bahwa matematika merupakan bahasa Allah dalam menciptakan  alam semesta. Namun, pada kenyataannya masih banyak di kalangan umat Islam sendiri yang membenci matematika dan kurang menyukainya. Sungguh suatu fenomena yang aneh. Dzat yang disembah menyukai matematika, sedangkan penyembahnya justru membenci matematika.

Ada ayat dalam Al-Qur’an yang secara tersirat memerintahkan umat Islam untuk mempelajari matematika, yakni berkenaan dengan masalah faraidh. Masalah faraidh adalah masalah yang berkenaan dengan pengaturan dan pembagian harta warisan bagi ahli waris menurut bagian yang ditentukan dalam Al-Qur’an. Untuk pembagian harta warisan perlu diketahui lebih dahulu berapa jumlah semua harta warisan yang ditinggalkan, berapa jumlah ahli waris yang berhak menerima, dan berapa bagian yang berhak diterima ahli waris.

Latihan Soal Matematika SMP kelas VII semester 1

Salam "Matematika Gampang"
Untuk kali ini saya akan share latihan soal Matematika untuk kelas VII semester I.

Latihan Soal Bab Bilangan Bulat dapat di download disini
Latihan Soal Bab Pecahan dapat di download disini
Latihan Soal Bab Himpunan dapat di download disini
Latihan Soal Bab Aljabar dapat di download disini
Latihan soal UAS I dapat didownload disini 

Tes Tulis S2 Matematika UGM



Bagi yang mau melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2, perlu dipersiapkaan apa saja yang menjadi ketentuan persyaratan oleh pihak kampus, terutama sertifikat TOEFL ITP dan TPA OTOBAPENNAS. Jika kedua itu setiap kampus mewajibkan, tetapi ada beberapa kampus menambah persyaratan dengan pengajuan rencana penelitian dan tes tulis.

Untuk kali ini saya akan share tentang perjuangan masuk S2 Matematika UGM. Sebelumnya saya katakan, saya gagal masuk S2 matematika UGM atau tidak diterima. Sehingga saya mempunyai keinginan semoga kalian yang membaca artikel saya dan berniat masuk S2 matematika UGM ini tidak mengikuti jejak saya. So,  persiapkan sematang mungkin. 

Kamis, 09 November 2017

Sejarah Bilangan






Bilangan, siapa yang tidak mengenalnya? Namun apakah kalian tahu akan sejarah atas bilangan itu sendiri?

Jika sekarang kita mengenal bilangan dari 1,2,3, … , 9 dan mengkombinasikan bilangan-bilangan tersebut untuk mendapatkan bilangan puluhan, ratusan, ribuan, bahkan jutaan. Namun bayangkan jika kita masih berada di tahun 500 sebelum masehi, pasti kita akan kesulitan untuk menyatakan suatu bilngan dari suatu pengamatan kita.

Konsep bilangan yang kita kenal sekarang ternyata berawal dari suatu yang sederhana. Berawal dari keperluan manusia dahulu untuk sekedar berhitung dan mengingat jumlah, bilangan atau bahasa matematika ini lambat laun menjadi suatu yang penting dan berkembang terus menerus mengikuti zaman berbarengan dengan bermunculunnya ahli matematika sebagai penemunya.

Rabu, 08 November 2017

Uniknya Bilangan 1-9

Katanya sih matematika itu sulit? bener gak sih? jawabnya "TIDAK", percayalah matematika itu mudah, gampang, so easy if you want study.  Tau gak sih kalau matematika itu banyak yang unik? mulai dari pola, trik mengerjakannya, ataupun persamaannya. Salah satu keunikan matematika yang akan saya share disini adalah tentang 9 bilangan awal yaitu:

1     2     3      4      5      6      7     8     9

Kumpulan Soal Fisika SMP kelas VII Semester 1

Latihan Bab Besaran dan Pengukuran dapat di download disini
Latihan Alat ukur panjang dapat didownload disini
Latihan Bab Massa Jenis dapat di download disini
Latihan UTS dapat di download disini
Latihan Bab Suhu dapat di download disini
Latihan Bab Konversi Suhu dapat di download disini

Senin, 23 Oktober 2017

Proposal Masjid Al-Hikmah


Alhamdulillaahi Rabbil Aalamin, puji  syukur hanyalah milik Allah SWT. Shalawat serta salam semoga tercurah selalu kepada Rasul kita Nabi Besar Muhammad SAW, para keluarga, sahabat dan kita pengikut-nya.

Dengan mengucap rasa syukur kehadirat-Nya karena atas izin dan petunjuk-Nya semata, sehingga terbentuklah susunan Panitia Renovasi Masjid Al-Hikmah yang beralamat di Dsn. Warugunung Tengah RT/RW 01/02 Ds. Kupang Kec. Jetis Kab. Mojokerto Jawa Timur.

Dalam proposal ini, kami sampaikan gambaran rencana renovasi Masjid Al-Hikmah. Semoga Allah SWT senantiasa memberikan kemudahan dalam rencana ini hingga pelaksanaannya. Aamiin. 

Aspek fisik masjid Al-Hikmah masih tetap sejak dibangun pada tahun 1992. Sehingga dengan melihat ketahanan bangunan, dan perkembangan ketinggian bangunan dengan jalan raya, maka masjid Al-Hikmah ini dirasa sangat perlu untuk dilakukan pemugaran. 

Untuk para donatur bisa menyumbangkan bantuan dana/material dengan menghubungi panitia pembangunan Masjid Alhikmah. Untuk proposal masjid al hikmah dapat di download di sini.

Senin, 17 April 2017

Mathematics Is Language

Matematika, setiap manusia  pasti sudah mempelajarinya sejak kecil. Pelajaran yang materinya identik dengan angka, operasi bilangan, hitung-hitungan, ataupun yang rumit  dipahami bagi sebagian orang atau kebanyakan orang malah. Kebanyakan masyarakat awam mengkategorikan matematika sebagai ilmu pasti yang saklek seperti ilmu fisika, kimia, ataupun ekonomi. Bahkan banyak orang berfikir buat apa sih belajar matematika?  ngapain mati-matian mahami rumus-rumus nggak jelas ini?
toh apasih gunanya kerumitan ini di kehidupan? nggak penting banget kan, ups jangan salah.

Selasa, 04 April 2017

Tidak Mudah Melawan Penjajah dari Negeri Sendiri


Sudah separuh abad negara Indonesia ini telah merdeka, merdeka dari para penjajah, merdeka dari para antek-antek Belanda,  merdeka dari kejamnya kerja romusha oleh Jepang ataupun  kerja rodi oleh Belanda.

Jika kita melihat sejarah negeri ini, sejarah para pejuang kemerdekaan, bagaimana besarnya perjuangan para pejuang bangsa ini, mereka mengorbankan hartanya, keringatnya, bahkan nyawanya untuk satu kata "Merdeka". Mereka rela siaga siang malam,bermodalkan bambu runcing mereka tak gentar melawan musuh berpeluru ataupun bermeriam. Dengan mata kepalanya sendiri, mereka melihat saudaranya menjerit kesakitan sampai menyaksikan langsung senjata-senjata biadab menumpahkan darah  teman, kerabat, bahkan keluarganya. 

Spatial Economtrics

Spatial ekonometri atau spasial ekonometri, Topik perpaduan manis antara permasalahan analisis spasial dan permasalahan ekonometri. Topik penelitian yang lagi hangat dikalangan mahasiswa Statistika atau Matematika ini, banyak dibahas dan diteliti sebagai syarat kelulusan ataupun diseminarkan. Analisis spasial  sendiri adalah kumpulan metode yang digunakan untuk menganalisis data spatial yang didalamnya termuat informasi geografis yang kemudian dipetakan hasilnya melalui beberapa software Arcgis, SAS, ataupun GWR. Sedangkan untuk ekonometri sendiri merupakan ilmu yang mencakup teori-teori ekonomi, matematika, dan statistika dalam hal modeling kejadian atau peristiwa ekonomi.

Dalam kesempatan ini saya mau berbagi buku yang mungkin sedikit banyak membahas model autokorelasi spasial seperti SAR, SEM, SARMA atau temporaly model seperti STAR, STEM atau model-model lain yang menggunakan pendekatan metodologi seperti bayesian spatial ekonomteri model serta comparison dari beberapa model sebelumnya menjadi beberapa model baru. Dan pastinya buku ini bisa kalian gunakan sebagai bahan rujukan untuk menegrjakan penelitianmu.

Silahkan di download bukunya di Spatial econometri.
Semoga bermanfaat

Salam "Speaks by Data"

Senin, 03 April 2017

Karena Investasi TIDAK Menunggu Nanti, tapi Sekarang.


Apa itu investasi?
Banyak orang sukses mengatakan jembatan yang dapat mengantarkan seseorang menuju ke gerbang kebebasan finansial adalah investasi. Mungkin istilah ini lebih populer dikalangan menengah keatas dan hanya sedikit kaum awam yang mengerti dengan kegiatan ini, karena umumnya masyarakat beranggapan bahwa istilah investasi hanyalah untuk orang-orang kaya yang berlebih uang. Namun pernyataan demikian tidak benar adanya, investasi bisa dilakukan oleh semua golongan dari strata manapun, karena ini penting untuk setiap individu.

Sedikit tentang investasi, investasi berhubungan erat dengan pengelolaan keuangan dan perekonomian seseorang dimana lebih spesifik berkaitan dengan akumulasi harapan keuntungan dimasa yang akan datang dengan melihat beberapa faktor yang ada. Dengan anggapan seperti inilah, banyak orang bergegas untuk mempersiapkan masa tuanya dengan cara berinvestasi. 

Robust M-estimator


Robust Maximum likelihood estimasi atau M-estimasi dikenalkan oleh Huber pada tahun 1973. Metode ini adalah pendekatan paling sederhana dalam perhitungan dan teorinya. Meskipun M-estimasi tidak robust terhadap titik leverage, metode ini tetap digunakan secara ekstensif pada analisis data yang diasumsikan bahwa outlier berada pada variabel respon. Metode ini merupakan metode paling dasar dan mudah untuk diaplikasikan. Keuntungan penggunaan metode ini adalah akan diperoleh model dengan efisiensi yang cukup tinggi namun kelemahan dari metode ini adalah menghasilkan model dengan  low brekdown point 0%.

Adapun jurnal yang dapat digunakan sebagai rujukan atau untuk lebih memahami lagi tentang robust M atau M-estimator silahkan didownload disini

Sabtu, 01 April 2017

Kenapa Jurusan Statistika

Karena belajar itu perlu dipaksa, karena yang baik itu sulit untuk dilakukan tanpa dipaksa. Ini adalah salah satu cara agar saya mau belajar untuk memperjuangkan pendidikan master saya. Metode mekso awak  untuk belajar kali ini saya tuangkan dengan menulis blog sekaligus berseluncur di bacaan-bacaan online yang akan saya bahas. Untuk kali ini saya akan membahas tentang salah satu ilmu yang cukup populer dan ilmu ini digunkan oleh ilmu-ilmu lain sebagai teknik dalam penilitiannya, apakah itu? lets go.

Kamis, 30 Maret 2017

Surah Quraisy, Bisa Apa Aku Tanpa Allah?


Topik yang diangkat dalam pengajian malam itu cukup menarik dan bisa menggugah kita semua untuk selalu merendahkan diri meskipun kita sudah menjadi orang sukses sekalipun. Topik tentang kaum Quraisy yang dijelaskan dalam firmannya Al-Quran pada surah Quraisy ayat 1- 4 kiranya pasti kalian sudah hafal semua dengan surah tersebut dan untuk terjemahannya sebagai berikut.   

"Karena kebiasaan orang-orang Quraisy, (yaitu) kebiasaan mereka bepergian pada musim dingin dan musim panas. Maka hendaklah mereka menyembah Tuhan Pemilik rumah Ini (Ka'bah). Yang Telah memberi makanan kepada mereka untuk menghilangkan lapar dan mengamankan mereka dari ketakutan."

Rabu, 29 Maret 2017

Skenario Tuhan Bukan Hal Sepele



"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedangkan kamu tidak mengetahui" (QS.2:216)
   
Berangkat dari ayat tersebut mari kita belajar untuk mengambil hikmah perjalan hidup yang sudah kita lalui bersama, Apakah pernah terlintas argumen dalam benak diri kita "Allah tidak adil"? karena pemberiannya yang terkadang tidak sesuai dengan harapan kita. Misal engkau menginginkan A tapi Allah memberikan B, ketika kita suka dengan A namun Allah malah memberikan B yang cukup kalian benci. Saya rasa setiap orang pernah merasakan yang demikian adanya. Terutama saya sendiri sebagai penulisnya amat sering dah dapet yang kayak begituan. Tapi Bedanya saya nggak pernah sampek ngucap "Allah tidak adil", karena apa? Aku orangnya nurut sih sama skenarionya tuhan, dan setelah dijalani terus hasilnya sih aku ngrasain memang apapun yang diberikan Allah selama ini alah pilihan terbaik