Minggu, 01 Januari 2017

Estimasi Parameter Model GWR yang Mengandung Outlier dengan Metode Bounded Influence M-Estimator

Skripsi yang saya selesaikan dengan judul "Estimasi Parameter Model Georaphically Weighted Regression (GWR) yang Mengandung Outlier dengan Metode Bounded Influence M-Estimator" dapat kalian pelajari di  Download

Dalam skripsi tersebut lebih ditekankan kepada bagaimana kita mengestimasikan suatu model terutama model GWR yang di dalamnya termuat permasalahan outlier (pencilan). Ada beberapa metode yang bisa digunakan untuk permasalahan outlier seperti M-estimator, S-Estimator, MM-Estimator, atau yang lainnya. Untuk metode yang saya pakai sendiri adalah metode bounded Influence M-Estimator atau yang kerap dikenal dengan Generalized M-Estimator, metode ini tidak lain pengembangan M-Estimator. Dimana bertujuan untuk mendapatkan nilai breakdown 50% yang tidak dapat diperoleh oleh M-estimator, yakni dengan cara memberikan batas terhadap nilai leverage nya. 

Untuk pengaplikasiannya, saya mencoba menggunakan data angka putus sekolah tingkat SMA yang ada di Provinsi Jawa Timur. Dimana untuk mendapatkan model GWR dpat diperoleh dari program GWR 4.0 sedangkan untuk mendapatkan GWR yang mengandung outlier bisa digunakan Iterasi IRLS dengan bantuan program matlab.

Semoga membantu
Salam "Speaks by Data"