Senin, 06 Maret 2017

AcEPT UGM


AcEPT atau Academic English Proficiency Test adalah tes bahasa Inggris yang dirancang oleh pihak Universitas Gajah Mada (UGM) Yogyakarta yang digunakan untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris seseorang untuk beberapa tujuan akademik (English for Academic Purposes), salah satunya melanjutkan pendidikan pascasarjana di UGM. 

Banyak jenis tes bahasa inggris yang bisa kalian ikuti untuk memenuhi persyaratan pascasarjana UGM, misal TOEFL ITP, TOEFL iBT, IELTS ataupun AcEPT ini. Untuk Program Master UGM dibutuhkan skor minimum 450 dan untuk doktoral minimum sebesar 500.  Sebelum mengikuti segala macam tes tersebut, anjuran saya kalian perlu menyiapkan sematang mungkin dengan latihan-latihan bahkan bimbingan belajar bagi para pejuang non jurusan bahasa Inggris. Karena apa? Karena biayanya yang tidak murah. Untuk tahun 2016  saja, untuk sekali  tes TOEFL ITP saja kalian perlu merogoh kocek 500K, untuk TOEFL iBT dan IELTS kurang lebih 3 Juta. Jadi jangan bilang ingin sekedar coba-coba untuk mengikuti tes-tes tersebut. Kalian harus mempersiapkan sematang mungkin. Sematang mungkin.

Catatan: Untuk hasil test TOEFL ITP, TOEFL iBT, ataupun IELTS bisa kalian gunakan untuk mendaftar kesemua kampus di Indonesia atau bahkan untuk melamar pekerjaan. Namun untuk hasil test AcEPT hanya bisa untuk mendaftar di UGM atau bisa dikatakan hanya diakui di UGM dan tidak berlaku dikampus lain. Karena setiap kampus biasanya mempunyai standart tes bahasa inggris masing-masing.   

Seseorang yang hendak mengikuti tes AcEPT tentu memiliki target skor yang harus dicapai. Target skor yang harus dicapai ini pada umumnya berhubungan dengan tujuan yang melekat pada diri peserta tes mengapa kalian mengambil tes AcEPT. Apabila seseorang mengambil tes AcEPT dengan tujuan untuk memenuhi persyaratan program Pasca Sarjana di UGM, terutama untuk tingkat doctoral, para peserta harus mampu meraih skor 250, sementara untuk tingkat master, kalian diwajibkan untuk meraih skor 210. Jangan kaget, bahwa sesungguhnya Skor AcEPT 210 sudah setara dengan TOEFL ITP 450 sedangkan 250 sudah setara dengan TOEFL ITP 500. Target-target ini pada umumnya bersifat mutlak dan harus bisa dicapai. Apabila target tersebut tidak dapat dicapai maka peserta tes harus mengulang tes lagi sampai skor yang telah ditentukan bisa dicapai. Dan informasi dari mulut kemulut bisa berkali-kali seseorang untuk mengikuti tes AcEPT ini agar mencapai nilai skor yang diharapkan.

Secara pengalaman, memang saya akui tes AcEPT bukan main, cukup sulit lah untuk seseorang pemula. Kalian perlu belajar lebih, harus mempelajari contoh-contoh soal AcEPT yang bisa kalian download di internet. Soal-soal AcEPT dibagi menjadi 5 section, Listening 20 soal, Vocabulary 30 soal, Grammar and Structure 40 soal, reading 40 soal dan composing skill 40 soal. Untuk mendapat score 210 maka kalian butuh benar 84 soal, dan untuk score 268 maka kalian butuh 108 soal benar. Dan banyak artikel di internet untuk mendapatkan nilai 210 dbutuhkan kemampuan TOEFL ITP 500. (Bukan menakuti, ini nyatanya dan soalnya hampir tidak mirip dengan soal TOEFL ITP)

Dilain itu untuk menjadi peserta tes AcEPT perlu sedini mungkin kalian untuk mendaftar. Bayangkan jatah 600 kursi untuk sekali tes ludes dihari pertama pembukaan pendaftaran. Meskipun test AcEPT ini diadakan setiap hari Rabu, sehingga sebulan diadakan 4 kali tes. Tapi kuota 600 masih terkesan sedikit dan menjadi bahan rebutan karena banyaknya peserta yang tidak cukup sekali untuk lulus test ini. Sehingga jika kalian masih ingin mendapatkan jatah kursi, maka hal pertama lakukan pembayaran di bank BNI terdekat terlebih dahulu untuk mendapatkan No pendaftaran dan password sebelum hari Jumat. Selanjutnya pada hari Jumat, sepagi mungkin untuk mengecek di web pendaftaran AcEPT UGM, jika sudah dimulai pendaftaran maka segeralah mendaftar jangan ditunda-tunda atau kamu akan kehabisan kuota. Jangan lupa dicetak kalo sudah mendaftar.

Jika kalian lulus di pertama test AcEPT, maka bersyukurlah. Karena masih banyak yang lain perlu berkali-kali untuk mendapatkan target score lulus tersebut. Owh iyah lupa, untuk sekali test AcEPT di tahun 2016 sebesar 125K. Jika tiga kali baru lulus maka kalikan sendiri berapa uang yang harus kamu keluarkan untuk lulus tes tersebut dan Untuk hasil tesnya biasanya keluar setelah 10 hari kerja.

Selamat mencoba dan mari berjuang.
Tidak ada hal yang sulit, jika kalian giat untuk belajar dan mencoba.

Untuk latihan soal bisa di download disini

Tidak ada komentar:

Posting Komentar