Rabu, 29 Maret 2017

Ayook Berwirausaha Kawan


Menjadi seorang wirausahawan adalah pilihan bagi orang-orang yang berani untuk jatuh kemudian bangun, bagi manusia kreatif yang tak mengenal kata lelah untuk berspekulasi, bagi pekerja keras yang mau terus belajar dan mengembangkan produknya untuk diterima public, dan bagi manusia yang siap menjadi direktur utama di usahanya sendiri. Ingat,  jabatan teringgi pegawai ataupun karyawan perusahaan swasta  hanyalah pada tingkat manager.

Menjadi wirausaha tidaklah cukup sulit kok, dan juga tidaklah mudah sih. Cukup kalian mau mencoba dan terus mencoba maka akan kalian dapatlah keberhasilan. Kata orang tua untuk menjadi seorang wirausaha kuncinya satu yaitu tekun. Tekun untuk banyak belajar, berfikir, dan terus mencoba. 


Kebanyakan orang berfikir, untuk memulai berwirausaha membutuhkan modal yang besar. Apakah itu benar? Itu tidak benar, Itu hanya bualan orang malas yang tidak mau mencoba dan berusaha. Berwirausaha tidaklah harus dimulai dari yang terlihat WAH, mulailah dari hal yang sederhana semisal menjual pulsa, cukup dengan modal uang Rp.100.000,00 kalian sudah bisa menjadi agen pulsa. Dari suatu hal yang sederhana tersebut kalian akan banyak belajar langsung tentang dunia perdagangan, berspekulasi keuntungan, ataupun sekedar menyelesaikan pemasalahan-permasalahan kecil yang pastinya muncul sampai permasalahan besar seperti kehabisan modal untuk membeli saldo karena dihutang pelanggan. Sebelum sampai pada titik tersebut, lakukan evaluasi setiap menemukan permasalahan meskipun itu kecil, dan segeralah temukan solusinya.

Ketika kalian sudah menentukan pilihan menjadi seorang wirausaha, langka pertama kuatkan niat, kemauan serta keyakinan. Karena ketika kalian tidak memiliki ketiganya tersebut kalian akan mudah untuk menyerah dipertengahan jalan ataupun kesulitan untuk menakhlukkan segala macam tantangan. Ingat menjadi pemilik usaha itu butuh kekuatan ekstra, tidak semudah membalikkan telapak tangan, dan semua butuh proses. 

Kedua, tentukan wirausaha seperti apa yang ingin kalian geluti. Usahakan kalian mumpuni dibidang tersebut, ataupun sebatas mengerti karena telah membacanya. Banyak buku pedoman yang bisa digunakan untuk memulai bisnis tertentu, jadi jangan kuatir kalian bisa belajar dan mencobanya. Ada tiga pilihan jenis usaha, kalian bisa menjadi penyedia jasa, sebagai produsen ataupun menjadi distributor. Penyedia usaha seperti counter laundry atupun penyedia bimbingan belajar. Sebagai produsen kalian bisa berternak lele dan hewan ternak lainnya, membuat kerajianan tangan, ataupun memelihara jamur dan tumbuhan lainnya. Untuk menjadi distributor, kalian bisa menjual apapun yang bisa disalurkan dari tangan produsen konsumen, misalnya berjualan baju, makanan, ataupun produk lainnya.

Langkah selanjutnya, misal kalian memilih menjadi seorang distributor yang sekarang lagi trend  karena tidak membutuhkan modal besar. Kalian bisa menjual produk apapun yang kalian inginkan. Mulailah memilih dan memilah produk yang akan disalurkan ketangan konsumen, namun ada beberapa pertimbangan yang perlu kalian fikirkan yaitu masa ketahan produk tersebut. Jelas berbeda saat kalian menjual produk makanan  seperti buah ataupun susu murni yang mempunyai masa expired dengan produk yang tidak mempunyai masa expired seperti pakaian, sepatu, ataupun produk elektronik.  

Memang usaha dibidang makanan memberikan iming-iming keuntungan yang lebih besar dibandingkan usaha lainnya, hal tersebut dikarenakan produk tersebut dikonsumsi setiap hari. Meskipun demikian, usaha kuliner ini ternyata mempunyai resiko yang cukup besar pula saat pasar lagi sepi. Misal kalian berjual buah-buahan segar di pinggir jalan, maka ada masa buah itu busuk ketika tidak laku-laku. 

Untuk menemukan rasa aman, maka kalian bisa mencoba menjual produk yang tanpa masa expired seperti pakaian ataupun barang-barang fashion lainnya. Masa sekarang ini lagi trend-trendnya penjualan produk-produk fashion, karena untuk memasarkannya sudah tidak membutuhkan lapak ataupun toko, cukup dengan memasarkannya di situs online seperti media sosial instagram ataupun facebook.

Langkah selanjutnya, sesesring mungkin melakukan evaluasi dan memperluas jaringan penjualan. Jangan pernah merasa puas atas hasil yang kalian dapat, tapi jangan lupa selalu bersyukur setiap hasil yang diperoleh. Seringlah terbuka untuk menerima kritik dan saran dari kawan, konsumen, atapun orang yang lebih expect dibidang tersebut. Ikutilah kelas-kelas seminar untuk menambah link teman dan sering-seringlah berkumpul dengan para wirausahawan.

Selamat mencoba, mari berwirausaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar