Sabtu, 01 April 2017

Kenapa Jurusan Statistika

Karena belajar itu perlu dipaksa, karena yang baik itu sulit untuk dilakukan tanpa dipaksa. Ini adalah salah satu cara agar saya mau belajar untuk memperjuangkan pendidikan master saya. Metode mekso awak  untuk belajar kali ini saya tuangkan dengan menulis blog sekaligus berseluncur di bacaan-bacaan online yang akan saya bahas. Untuk kali ini saya akan membahas tentang salah satu ilmu yang cukup populer dan ilmu ini digunkan oleh ilmu-ilmu lain sebagai teknik dalam penilitiannya, apakah itu? lets go.

Statistika, Apa itu statistika?
Statistika adalah salah satu ilmu matematika terapan yang lebih spesifik membahas tentang  cara mengumpulkan, menabulasi, menganalisis, serta pengambilan keputusan atau singkatnya adalah ilmu yang mempelajari tentang pengolahan data. Ilmu ini akan kamu pelajari ketika kalian belajar di bangku kuliah, jurusan apapun akan mempelajari ilmu ini. Namun untuk yang lebih spesifik ilmu ini akan dipelajari lebih mendalam di jurusan Statistika ataupun Matematika. 

Di sekitar kita, banyak sekali kebutuhan akan data yang harus diolah dan disajikan dalam bentuk analisa yang berguna bagi kemajuan bahkan peramalan keadaan masa depan. Disinilah ilmu statistika bermain, jadi statistika mendesain agar data-data tersebut dapat berguna atau akurat dalam pengambilan keputusan. Missal nih, statistisi atau statistician (sebutan lulusan statistika) mencari data tren penjualan sebuah barang di tahun berjalan, kemudian data-data tersebut diolah dan disajikan untuk mengambil keputusan, apakah akan melanjutkan produksi atau tidak. Atau menganalisis beban kerja pegawai yang akan digunakan dalam pertimbangan kebutuhan rekrutmen perusahaan.
Statistika adalah salah satu ilmu yang mempelajari bagaimana teknik mengumpulkan, menyajikan,  menganalisis, sampai menarik kesimpulan dari sebuah data. 

Kenapa harus statistika?
Dalam membelanjakan uang untuk kebutuhan keluarganya, ibu-ibu rumah tangga sering melakukan perhitungan untung rugi, berapa jumlah uang yang harus dikeluarkan setiap bulannya untuk uang belanja, listrik dll. Dalam dunia bisnis, para pemain saham atau pengusaha sering menerapkan statistika untuk memperoleh keuntungan seperti peluang untuk menanamkan saham. Dalam bidang industri, statistika sering digunakan untuk menentukan keputusan. Contohnya berapa jumlah produk yang harus diproduksi dalam sehari berdasarkan data historis perusahaan, apakah perlu melakukan pengembangan produk atau menambah varian produk, perlu tidaknya memperluas cabang produksi.

Karena Statistik dibutuhkan di berbagai bidang ilmu, sekumpulan alat analisis data pada statistika dapat membantu pengambil keputusan untuk mengambil keputusan berdasarkan hasil kesimpulan pada analisis data dari data yang di kumpulkan. Selain itu juga dengan statistik kita bisa meramalkan keadaan yang akan datang berdasakan data masa lalu.

Apa yang dipelajari?
Bidang Minat jurusan statistika secara umum dibagi menjadi 5:
1. Analis dan perancangan survey
2. Metode numeric dan riset operasi
3. Metode simulasi dan pemodelan matematika
4. Metode statistic riset pemasaran
5. Pengendalian mutu dan kelayakan

Mau jadi apa kelak?
Mau jadi apa nanti setelah lulus adalah tujuan semua siswa dalam memilih jurusan. Dengan mengambil jurusan statistika kalian akan mempunyai peluan yang cukup besar untuk bekerja di hampir setiap sektor. karena sektor apapun statistika cukup dibutuhkan. Namun lebih spesifiknya inilah beberapa sektor yang menarik untuk para lulusan jurusan statistika. 
Lembaga Pemerintahan
Lembaga pemerintahan sangat membutuhkan tenaga ahli di bidang statistic untuk menunjang kebijakan pemerintah dan mempermudah proses kebijakan. Subjeknya sangat banyak dan bervariatif, mulai dari menghitung jumlah usaha kecil yang biasa dilakukan Kementerian Perdagangan, menghitung indeks pembangunan manusia oleh BPS, mengukur keberhasilan program KB oleh BKKBN, dll.
Perbankan dan Investasi
Dalam sector ini fungsi ilmu statistic juga cukup besar, contohnya untuk mengukur berapa jumlah kredit dan investasi yang dikucurkan oleh bank, lalu berapa jumlah penabung apabila dilihat dari skala usia, penghasilan, dan lain sebagainya. dalam hal investasi misalnya mengukur tren harga saham.
Sektor riset dan pengembangan
Riset dan pengembangan merupakan indicator dari sebuah kemajuan. Lembaga atau perusahaan untuk riset dan pengembangan bertebaran dimana-mana. Contohnya LIPI, LAPAN, BATAN dan banyak sekali lembaga swasta yang biasa digunakan oleh perusahaan besar seperti MARS, IPSOS, AC Nielsen, YLKI, dan masih banyak lagi.
Perusahaan atau Organisasi Swasta
Perusahaan – perusahaan besar pasti mempunyai statistisi yang berguna untuk menganalisis misalnya penjualan, daya beli masyarakat, tren, dan hal-hal lain yang akan digunakan untuk pengambilan keputusan dan strategi perusahaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar