Jumat, 10 November 2017

Tes Tulis S2 Matematika UGM



Bagi yang mau melanjutkan pendidikannya ke jenjang S2, perlu dipersiapkaan apa saja yang menjadi ketentuan persyaratan oleh pihak kampus, terutama sertifikat TOEFL ITP dan TPA OTOBAPENNAS. Jika kedua itu setiap kampus mewajibkan, tetapi ada beberapa kampus menambah persyaratan dengan pengajuan rencana penelitian dan tes tulis.

Untuk kali ini saya akan share tentang perjuangan masuk S2 Matematika UGM. Sebelumnya saya katakan, saya gagal masuk S2 matematika UGM atau tidak diterima. Sehingga saya mempunyai keinginan semoga kalian yang membaca artikel saya dan berniat masuk S2 matematika UGM ini tidak mengikuti jejak saya. So,  persiapkan sematang mungkin. 

Persiapan pertama, ambil tes TOEFL dan usahakan mendapatkan skor hasil 500 jika kamu ingin mempunyai modal awal bisa daftar dikampus manapun dan termasuk UGM. Gampang gampang sulit kok mendapatkan nilai TOEFL 500, belajarlah setekun mungkin dengan banyak latihan soal. Jika kamu merasa kurang pada teorinya, ambillah kursus persiapan tes TOEFL. Selain TOEFL ITP kalian juga bisa mengikuti tes AcEPT untuk masuk ke UGM, lebih detail tentang AcEPT baca disini.

Langkah kedua, ambil tes TPA OTOBAPENAS dan usahakan mendapatkan skor nilai minim 500 jika kalian ingin aman. Untuk orang-orang eksak seperti jurusan matematika, mendapatkan skor nilai 500 itu bukan hal sulit. Perbanyak latihan soal terutama di kemampuan verbal saja, saya kira itu sudah cukup. Namun tidak ada salahnya juga kalian latihan di kemampuan grafis dan eksaknya untuk memberikan perasaan aman. 

Langkah ketiga, persiapkan rencana penelitian. Buatlah rencana penelitian sesuai dengan konsentrasi yang kalian ambil saat S1 dan ingin kalian kembangkan di S2. Untuk hal ini tidak usah bingung, ulas kembali saja judul skripsi kemarin saat S1 dengan catatan tambah sedikit permasalahan saja. 

Langkah ke empat, persiapkan materi matematika untuk tes tulisnya. Ini yang perlu kalian siapkan matang-matang. S2 Matematika UGM merupakan jurusan yang lebih menekankan pada pengetahuan matematika teori, berbeda dengan ITB ITS ataupun IPB bahkan yang lain yang lebih ke matematika terapan. Sehingga soal tes tulisnya lebih bersifat pembuktian mulai dari aljabar, anreal, statistika, kalkulus lanjut, semuanya jenis soalnya lebih ke matematika teori. Menurut saya, soalnya masih tentang pengetahuan teori dasar tentang matakuliah anreal, statistika, struktur aljabar sehingga aslinya tidak sulit. Tetapi saya mengakui, saya terlalu santai dan tidak menyiapkan tes tulis ini sematang mungkin sehingga gagal di tahap ini. Kalian jangan yeeee. 

Berapa kuota S2 matematika UGM?
Menurut saya S2 matematika UGM tidak mematok berapa mahasiswa, melainkan mereka melihat kesiapan  kalian untuk melanjutkan pendidikan S2 yang dilihat dari hasil tes tulis kalian. Jadi persiapkan sematang mungkin, dan ingat tidak sedikit uang yang kita keluarkan untuk tes TOEFL, TPA OTTOBAPENAS, dan pendafataran S2 matematika UGM. So that belajar yang giat dibarengi doa dan fighting. Kalian harus sukses.

Untuk contoh soal ujian tulis S2 Matematika UGM dapat didownload disini, semoga bisa membantu.
Aljabar linier 1, Aljabar Linier 2, Struktur Aljabar 1, Analisis Real 1, Analisis Real 2, Statistika, Kalkulus Lanjut  .
 

2 komentar:

  1. nice info mas...
    ohya mas, ada info pembukaan s2 mat ugm tahun 2018/2019 apa nggak y mas?

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus