Senin, 13 November 2017

Tips Sembuh dari Sakit


Pergantian musim, kait eratannya dengan berbagai macam penyakit menyerang. Mulai dari usia anak, remaja, dewasa, sampai lansia banyak yang terkena mungkin sekedar demam, batuk, flu, ataupun kepala pening. Kenapa bisa demikian? Keadaan demikian bisa terjadi karena pada saat pergantian musim terjadi perubahan suhu yang signifikan dan disertai angin kencang yang menerbangkan benang sari bakteri ataupun virus sehingga virus berada dimana-mana dan mudah ditularkan dari satu orang ke orang lain. 

Melihat kejadian seperti itu, apotek toko obat, rumah sakit, ataupun dokter-dokter umum menjadi ramai bahkan membludak diserbu masyarakat. Mereka berbondong-bondong untuk memeriksakan sakitnya dan meminta obat agar cepat sembuh.

Bukannya saya melarang kalian untuk minum obat atau melarang kalian memeriksakan kesehatan ke dokter. Tetapi terkadang saya merasa prihatin ketika melihat rekan, tetangga, atau orang-orang tua dirumah itu dikit-dikit obat, dikit-dikit ke dokter. Misal nih kepala pusing dikit aja sudah minum obat Mi**agrip, batuk dikit sudah minum ko*mix, badan berasa demam dikit sudah ke dokter. Apakah itu salah? tidak, itu tidak salah. Tetapi menurut saya itu kebiasaan yang kurang baik, membeli obat sembarangan tanpa mengerti dosis yang tepat untuk tubuh kita.

Share pengalaman aja sih, sudah hampir 15 tahun saya usahakan untuk tidak pergi ke dokter dan tidak minum obat ketika sakit menyerang. Saya lebih memilih konsumsi makanan sehat, air putih, dan istirahat yang banyak. Dan Alhamdulilah sih itu sudah cukup untuk menyembuhkan demam, batuk, flu ataupun kepala pening meskipun proses penyembuhannya tidak secepat minum obat. Bukan kurang enak badan dikit sudah konsumsi obat ini itu, ataupun langsung kedoter yang ujung-ujungnya obat lagi. 

Kenapa sih saya menyarankan jangan sering-sering konsumsi obat? Apapun alasannya obat itu tetap tidak baik, karena obat dapat melemahkan imun kita saat melawan penyakit  didalam tubuh sehingga orang yang keseringan minum obat itu kekebalan tubuhnya berkurang. 

Kenapa saya bisa demikian? Menurut saya, yang mampu menyembuhkan sakit kita adalah diri kita sendiri bukan orang lain, obat ataupun dokter. Pernah dengar nggak tentang penderita kanker, kanker sampai sekarang belum ditemukan obatnya  yang pasti, tetapi kebanyakan dokter berkata yang bisa melawan penyakit kanker anda adalah keyakinan sembuh daridiri anda sendiri.

Bagaimana bisa? Menurut ilmu psikologi sugestilah yang bisa mempengaruhi alam sadar kita untuk sembuh. Jika mainset orang berangkat ke dokter dan minum obat mereka sembuh insyaalah sembuh karena mereka meyakini bahwa setelah minum obat ini itu mereka akan sembuh. Berbeda dengan saya, mainset saya sudah saya setting untuk percaya bahwa setelah makan sehat banyak, minum banyak, dan istirahat banyak saya akan sembuh, sehingga alhamdulilah 15 tahun terakhir ini saya hampir tidak pernah berinteraksi dengan obat ataupun dokter.

Ahh tidak bener ini anjurannya, kalo kita tidak periksa ke dokter dan saat itu kita semisal terkena demam berdarah bagaimana? kalo telat memeriksakannya kan nyawa jadi taruhannya.

sebeelum saya menjawab, pertanyaan saya "apakah kalian tidak bisa merasakan ada sesuatu hal yang tidak beres dalam tubuh kalian?" misal nih kalo kalian muntah darah, masak kalian masih stay diem, ya jangan bos, maka segeralah periksakan kesehatannmu kedokter karena itu sudah bukan hal yang wajar. Intinya jadi pribadi yang smart dalam bertindak, jangan sedikit-sedikit bergantung dengan obat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar